Rektor Universitas Jember Periode 2020-2024 Dilantik

Jember, 3 Februari 2020

            Rektor Universitas Jember periode 2020-2024, Dr. Ir. Iwan Taruna, M.Eng resmi dilantik. Pelantikan dipimpin oleh Prof. Ainun Na’im, PhD, Sekertaris Jenderal Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) yang mewakili Nadiem Makarim, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan di ruang Graha Utama (31/1). Iwan taruna menggantikan Moh. Hasan, yang telah memimpin Universitas Jember selama dua periode (2012-2020). Turut dilantik adalah Rektor Universitas Jambi, Direktur Politeknik Sriwijaya Palembang dan pimpinan tinggi pratama di lingkungan Kemendikbud. Dalam sambutan pelantikannya, Prof. Ainun Na’im meminta agar para pimpinan perguruan tinggi mendukung Kampus Merdeka yang sudah dicanangkan oleh Kemendikbud.

     Menurut Sekjen Kemendikbud, pendidikan manusia Indonesia harus menjadikan peserta didik sebagai fokus atau sebagai subyek sesuai dengan tuntutan jaman. “Peserta didik harus diberi kebebasan untuk berkreasi dan berinovasi yang diwujudkan dalam konsep Kampus Merdeka. Oleh karena itu saya berharap agar para pimpinan perguruan tinggi mampu mengaplikasikan konsep Kampus Merdeka dengan mengedepankan kreativitas dan inovasi. Apalagi mengingat perguruan tinggi memiliki peran strategis dalam mewujudkan lulusan yang cakap, berilmu dan beretika,” pesan Prof. Ainun Na’im kepada para rektor dan direktur yang baru dilantik, serta pejabat internal di Kemendikbud.

            Sementara itu menurut Rektor Universitas Jember, Kampus Tegalboto siap menjalankan konsep Kampus Merdeka, diantaranya memberikan kesempatan magang bagi mahasiswa selama tiga semester. Untuk itu Iwan Taruna akan memperluas jejaring dengan stake holder termasuk didalamnya akan meningkatkan kerjasama dengan para alumni Universitas Jember yang tersebar di seluruh Indonesia, yang tergabung dalam Keluarga Alumni Universitas Jember (Kauje). Sebagai informasi Iwan Taruna adalah Rektor Universitas Jember ke sepuluh semenjak Kampus Tegalboto berdiri di tahun 1964. (iim)